Saturday, 02-03-2024
  • Situs resmi Bumi Damai Al Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang || Informasi Pendaftaran ~~ DIBUKA PADA 01 Februari 2024

Selamat Hari Guru

Diterbitkan : - Kategori : Karya Santri / Pendidikan

Selamat Hari Guru

Kesuksesan setiap individu tidak terlepas dari jasa seorang guru. Seorang santri tidak cukup hanya dengan belajar saja tanpa disertai dengan keridhoan dan adab memuliakan gurunya. Sampai ada ulama yang mengatakan jika seseorang mengalami masalah kesulitan di umur 40 tahun dalam hidupnya, maka bisa jadi ada masalah dengan guru-gurunya.

Imam Burhanuddin az-Zarnuji dalam Kitab Ta’limul Muta’allim fi Thariqit Ta’allum yang menyebutkan bahwa, “seorang pelajar tidak pernah mendapatkan ilmu jika tidak memuliakan ilmu, orang yang berilmu, dan guru-gurunya.”

Memuliakan guru adalah kewajiban setiap pelajar. Siapa saja yang pernah belajar kepada orang lain tentang ilmu pengetahuan, maka wajib baginya untuk memuliakan guru tersebut. Memuliakan guru merupakan etika dan teladan para ulama terdahulu yang memberikan contoh sangat luar biasa perihal bagaimana seorang murid memuliakan gurunya.

‎من أنا من أنا لولاكم ، كيف ما حبكم كيف ما أهواكم
“Siapa gerangan diriku, siapakah diriku kalau tiada bimbingan kalian ( guru ), Bagaimana aku tidak mencintai kalian dan bagaimana aku tak menginginkan tuk bersama kalian.”

‎ما سوى ولا غيركم سواكم ، لا ومن في المحبة علي ولاكم

“Tiada selain ku juga tiada selainnya terkecuali engkau, tiada siapapun di dalam cinta selain engkau dalam hatiku.”
‎أنتم أنتم مرادي وأنتم قصدي ، ليس أحد في المحبة سواكم عندي
“Kalianlah, kalianlah dambaanku dan yang ku inginkan, tiada seorangpun dalam cintaku selain engkau di sisiku.”

‎كلما زادنى فى هواكم وجدي ، قلت يا سادتي محجتي تفداكم
“Setiap kali bertambah rasa cinta dan rinduku pada mu, maka berkata hatiku wahai tuanku semangatku telah siap menjadi tumbal keselamatan dirimu.”

‎لو قطعتم وريدي بحد ماضي ، قلت والله أنا فى هواكم راضي
“Jika engkau menyembelih urat nadiku dengan pisau berkilauan tajam, kukatakan Demi Allah aku rela gembira demi cintaku pada mu.”

‎أنتم فتنتي فى الهوا ومرادي ، ما رضاي سوى كل ما يرضاكم
“Engkaulah yang menyibukkan segala hasrat dan tujuanku, tiada ridho yang ku inginkan kecuali segala sesuatu yang membuat mu ridho.”

Di momentum hari guru ini, semoga menjadi penguat komitmen meraih kesuksesan dan keberkahan masa depan dengan memuliakan para guru, baik yang masih hidup maupun yang sudah berpulang ke rahmatullah.
Semoga aib guru-guru kita bisa tertutup rapat oleh Allah Swt. dan kita dijadikan santri yang taat dan mendapatkan ridho guru kita.

Teruntuk guru-guru kita, Al-Fatihah.

~AM~

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan