Saturday, 02-03-2024
  • Situs resmi Bumi Damai Al Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang || Informasi Pendaftaran ~~ DIBUKA PADA 01 Februari 2024

KONSEP KAROMAH ITU MENGIKUTI PERKEMBANGAN ZAMAN

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Karya Santri / Pendidikan

 

Jangan bilang semakin hari para Kiyai pondok yang termasuk wali Allah semakin habis dengan alasan karena bukti karomah-karomah semakin tidak tampak. Bentuk karomah itu mengikuti perkembangan zaman.

Dulu bentuk karomah itu seperti menghilang, berjalan diatas air, mengubah buah menjadi emas dan lain-lain. Karena untuk membawa, menolong, dan menguatkan keyakinan orang-orang pada saat itu yang efektif model karomah yang begitu. Untuk zaman sekarang jika dikasih yg model karomah seperti itu orang malah dianggap sebagai ngarang cerita, karena karakteristik umat sekarang itu rasionalis.

Jangan bilang cerdasnya dan hebatnya managerial Kiyai dalam pondok, ummat atau organisasi itu bukan karomah. Itu salah satu bentuk karomah saat ini.

Mukjizat dan karomah tujuannya sama, yaitu menguatkan dan meyakinkan seruan dan atau mematahkan argumen musuh, cuman antara keduanya dianugrahkan kepada orang yg berbeda.

Karomah itu teknis, teknis itu selalu mengikuti, tergantung situasi, lokasi dan budayanya. Jika teknisnya sudah tidak relevan maka tujuannya sulit atau morat marit untuk dicapai.

Bentuk karomah yang berubah sesuai kondisi umat ini sama halnya ketika Al Qur’an menceritakan kondisi surga. Cerita gambaran keindahan surga itu salah satu dari teknis untuk tujuan umat tertarik menjalankan ajaran islam dan masuk surga.

Cerita keindahan surga didalam Al Qur’an itu banyak tentang keindahan alam dan hasrat sex, seperti perkebunan yg indah dan pelayan yg tampan/cantik. Kenapa seperti itu? Karena pertama kali didakwahkan pada orang-orang arab yang tandus tempat tinggalnya dan budaya sex bebas, sehingga perkebunanan yg indah dan kehidupan full servis menjadi idaman bagi tiap orang arab.

Tapi kan bagi orang banyuwangi iming-iming surga yang seperti itu gak menarik sama sekali, kalau hanya perkebunan yang indah dibelakang rumah ada banyak.

Menanggapi protesan seperti itu makanya Allah dan Nabi menyediakan jawaban sebelum diprotes, sedia payung sebelum hujan. Kata Nabi:
يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى أَعْدَدْتُ لِعِبَادِي الصَّالِحِينَ مَا لَا عَيْنٌ رَأَتْ وَلَا أُذُنٌ سَمِعَتْ وَلَا خَطَرَ عَلَى قَلْبِ بشر
Allah berfirman: Aku telah menyiapkan untuk hamba-hambaku yang sholeh sesuatu yang belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga dan tidak pernah terlintas di benak manusia (yg dimaksud surga).

فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.

Kenapa gambaran surga dikisahkan, tapi nikmatnya tak tergambarkan? Karena agar teknis itu bisa dikembangkan untuk kebutuhan selain orang arab.

Kalau orang dulu jelas seneng banget kalau dikasih kayu jati, tapi sekarang mungkin milih galvalum atau stenlis stell.
Kalau orang tahun 90 an dikasih mobil cery itu sangat seneng, tapi sekarang jelas milih alpard.
Kalau orang arab senang perkebunan yang indah karena disana gak ada, maka bagi orang lamongan yang senengannya dangdutan ya bilang aja disurga itu ada new monata new adella dengan biduan model arlida atau siapa gitu.

Ada doa Ma’tsur yang berbunyi gini
اللهم إني أسألك حبك وحب من يحبك، وحب كل عمل يقربني إلى حبك، اللهم اجعل حبك أحب إليّ من نفسي وأهلي ومن الماء البارد

Kenapa kok من الماء البارد?
Ya karena dulu di arab itu panas dan sulit air, air dingin itu sangat diharapkan dan disenangi. Mungkin kalau Nabi hidup dizaman sekarang doanya ganti
من الايفون ١٤
“Minal iphone 14”

Karena ummat sekarang yg disenangi dan diidam2kan itu iphone 14.

Moh Asadul Arifin, Santri.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan