Saturday, 02-03-2024
  • Situs resmi Bumi Damai Al Muhibbin Pondok Pesantren Bahrul 'Ulum Tambakberas Jombang || Informasi Pendaftaran ~~ DIBUKA PADA 01 Februari 2024

Al Muhibbin peringati Rojabiyyah dan Hari Ulang Tahun ke-28

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Kegiatan Pondok

Rojabiyyah merupakan kegiatan rutin yang diadakan pada malam selasa kedua di bulan rajab untuk memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, sekaligus perayaan hari ulang tahun pondok dan pengajian rutin dibawah asuhan KH. Moch. Djamaluddin Ahmad, yang meliputi PYI Al-Fattah (Pesantren Yatama Indonesia Al-Fattah), dulu bernama Panti Asuhan Al Fattah yang ke-43, PP. Al-Amanah yang ke-37, Bumi Damai Al-Muhibbin yang ke-28, Pengajian Rutin Al Hikam yang ke-28, PP. Al Mardliyyah yang ke-24, Pengajian Putri Ahad Legi yang ke-23, PP. Al Ikhlas yang ke-22 dan PP. Al Asror yang ke-9.
Sebagai satu-satunya acara yang menyatukan semua santri dan alumni pondok-pondok juga jama’ah yang diasuh oleh KH. Moch. Djamaluddin Achmad, Rojabiyyah merupakan agenda yang sangat dinantikan ditiap tahunnya. Normalnya, rangkaian acara Rojabiyyah dilaksanakan selama dua hari, yakni hari ahad, Santunan Fakir Miskin dan Kombinasi Sholawat Hadroh Ishari se-Jawa Timur, dan hari senin, paginya dilaksanakan Khotmil Qur’an bil Ghoib dan Pertemuan Alumni, dan malamnya adalah puncak acara berupa Pengajian Umum dalam rangka Peringatan Isro’ Mi’raj dan HUT (hari ulang tahun) pondok dan pengajian yang didalamnya terdapat agenda Tahlil Akbar dan Pengantin Massal. Pengajian umum dilaksanakan di Halaman Bumi Damai Al-Muhibbin, halaman Kampus IAIBAFA dan jalan timur pondok. Data Rojabiyyah tahun 2020, pengajian umum dihadiri oleh 20 ribu orang lebih dari berbagai daerah, tidak hanya jawa timur saja, bahkan alumni luar pulau juga ikut hadir.

Tahun 2021 pandemi melanda, dan ternyata tahun 2022, pandemi belum juga usai. Maka berdasarkan hasil keputusan Rapat panitia bersama Pengurus Pengajian, dan persetujuan dari putra-putri KH. Moch. Djamaluddin Achmad, Rojabiyyah 2022 tetap diadakan, dengan mengurangi agenda yang tidak bisa diterapkan prokes didalamnya. Maka pada tahun ini hanya ada tiga agenda, Santuna Fakir Miskin, Khotmil Qur’an bil Ghoib dan Peringatan Isro’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw, tertutup dan terbatas untuk santri. Khusus jama’ah al-Hikam dan Ahad Legi, mengadakan di TPQ Al-Fattah Sambong, peserta terbatas dan menerapkan prokes.

Khusus di Al-Muhibbin, Pengajian Umum dihadiri oleh segenap santri (1250 putra dan 196 putri) dan 3 orang mantan lurah pondok. Acara dimulai pada pukul 19.45 WIB dengan pembukaan oleh tim hadroh banjari Al-Muhibbin. Lalu dilanjutkan dengan Pembacaan ayat suci al-Qur`an oleh Ustad Zahir Binurillah dan Tahlil Akbar dengan Pembacaan 10.363 nama arwah.
Kemudian seremonial acara dilanjutkan dengan sambutan oleh pengasuh Bumi Damai Al-Muhibbin, KH. M. Idris Djamaluddin. Sebagai puncak acara, KH. Agus Ali Murtadlo bin KH. Chusaini Ilyas memberikan mauidzoh hasanah dan doa penutup dalam pengajian umum Isro` Mi`roj dan Rojabiyyah 2022.

Meskipun acara tersebut dilakukan secara terbatas, namun keseluruhan acara pengajian umum Isro` Mi`roj dan Rojabiyyah 2022 dalam rangka Hari Ulang Tahun Bumi Damai Al-Muhibbin yang ke-28 dapat di akses ulang dalam akun YouTube Bumi Damai Al-Muhibbin atau dalam link berikut: youtube.com/c/bumidamaialmuhibbin

 

Dokumentasi kegiatan selengkaponys dapat dilihat disini

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan